Pemilu di Luar Negeri…kenapa enggak…

This country, the Republic of Indonesia, does not belong to any group, not to any religion, nor to any ethnic group, nor to any group with customs and traditions, but the property of all of us from Sabang to Merauke. Soekarno (Indonesia’s First President)

Debat pertama CaPres-CaWapres sudah berlangsung tanggal 17 Januari 2019 kemarin, dan masih ada 4 kali lagi Debat CaPres-CaWapres sampai tanggal 1 April 2019 mendatang. Masih belum yakin dengan calon mana yang mau kita pilih? Jangan kawatir, masih ada waktu untuk berfikir kok. Dan dengan mengikuti debat-debat berikutnya kita bisa memantapkan hati, calon pemimpin negara yang mana yang akan kita pilih.

Saya tidak akan membicarakan politik dan lawan politik bakal calon Presiden dan Wakil Presiden  Indonesia. Siapa yang kita pilih hak masing-masing. Tetapi berpartisipasi untuk memilih adalah kewajiban semua warga negara Indonesia yang telah cukup umur. Kita sudah diberi kesempatan untuk menentukan masa depan negara Indonesia, kenapa tidak kita gunakan kesempatan itu. Iya nggak?

Terkadang, mungkin, beberapa orang tidak begitu perduli karena merasa siapapun Presiden-nya Indonesia akan tetap sama. Saya, merupakan salah satu orang yang berfikiran seperti itu, dulu…. Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai berpikir lebih dewasa bahwa masa depan Indonesia ada ditanga kita, yang tentu saya untuk masa depan generasi penerus. Anyway….. 

Sekarang ke intinya… 

My dearest friend sempat ‘mengancam’ saya untuk tidak golput!! We use to talk sarcasm to each other. Tentu saja saya balas “are you kidding me?! I wont!”

Saya sudah mengurus surat pindah nyoblos dari Indonesia ke Canada. Dan syaratnya pun mudah, dan tidak dibikin ribet kok.

Saya yakin beberapa teman yang berada di Luar Negeri merasa tidak akan bisa melakukan Pemilu. So wrong! Completely wrong! Apapun status kita di Luar Negeri, baik Green Card, Permanent Residence ataupun turis yang dalam waktu Pemilu nanti tidak berada di Indonesia masih bisa melakukan  Pemilu.

Ini adalah syarat yang dibutuhkan dari KBRI Ottawa, yang kebetulan sekarang saya sedang berada di Canada. 

http://www.indonesia-ottawa.org/pemilu2019/

Syaratnya hanyalah minta Surat Pemberitahuan Pindah (FORM 5) dari PPS tempat saya terdaftar. Saya terdaftar di Jakarta sesuai dengan KTP tempat tinggal.

Naahh… untuk mendapatkan FORM 5 ini syaratnya adalah memberikan fotocopy KTP, fotocopy KK dan surat keterangan domisili. Karena saat saya memproses Pemilu ini saya sudah berada di Canada, saya dibantu ART di Jakarta untuk menyampaikan surat persyaratan ke Kelurahan. Sebenarnya yang harus memberikan semua dokumen itu adalah keluarga. Tapi keluarga besar saya tidak berada di Jakarta jadi ART yang mengantarkan.
Petugas PPN tempat saya terdaftar-pub baik sekali. Beliau tidak mempersulit. 

Setelah mendapatkan Form A-5 ini, buka aja website untuk mendaftarkan diri . 

disertai fotocopy Passport, fotocopy KTP dan form A5 ini.

Kita juga bisa memilih untuk melakukan pencoblosan di KBRI Ottawa atau surat surat suara bisa dikirim lewat pos.

Setelah itu kita bisa cek nama kita di daftar “Nama Pemilih”

Gampang kan ?

Jangan lupa nyoblos bulan April 2019 nanti ya….

Eni El-P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a website or blog at WordPress.com

Up ↑

%d bloggers like this: